Sunday 12 May 2013

6 Tips Membeli atau Memilih Laptop



Mempertimbangkan dan mimilih jenis laptop yang diinginkan itu harus. Jangan sampai anda membeli laptop tanpa setahu anda sendiri dan tak memilih laptop seperti apa yang  anda inginkan.

Misalkan anda membutuhkan sebuah laptop untuk kebutuhan studi anda, atau anda membutuhkan lapto untuk bermain game, atau juga anda membutuhkan laptop untuk kebutuhan desain, itu semua berbeda. Contohnya anda hanya membutuhkan laptop untuk kebutuhan studi,maka anda tidaklah perlu membeli laptop dengan spesifikasi yang tinggi dan sangat mahal harganya, cukup dengan memiliki prosessor dual-core dan RAM 4 GB karena dengan kebutuhan tersebut tidak akan membutuhkan pekerjaan yang terlalu berat. Tak hanya itu,dengan status anda seorang pelajar misalnya, anda pasti memiliki budget yang terbatas pula.

Jadi memilih laptop sesuai yang anda butuhkan itu sangat diperlukan.
Di jaman komputerisasi ini memang laptop bukan menjadi barang yang mewah lagi, tapi meskipun sudah banyak bermunculan tekhnologi baru seperti tablet PC, laptop belum banyak ditinggalkan dan masih menjadi kebutuhan yang tak dapat digantikan.

Hadirnya berpuluh-puluh bahkan beratus-ratus vendor produksi laptop akan menjadi sebuah kebingungan untuk yang belum berpengalaman dalam membei laptop, maka dari itu saya akan memberikan beberapa tips bagaimana anda membeli dan memilih laptop.

1. Pastikan anda membeli laptop sesuai kebutuhan anda.

Kebutuhan setiap orang pasti berbeda, termasuk dalam kebutuhan laptop. Memang bukan hanya membeli laptop saja yang harus disesuaikan dengan kebutuhan, membeli Handphone, Rumah ataupun hal lainya akan dipilih sesuai kebutuhan.

Seperti yang dikatakan saya tadi, jika memang anda membutuhkan laptop hanya untuk kebutuhan studi, anda tak pelu memilih jenis laptop dengan spek tinggi, karena seorang pelajar biasanya hanya membutuhkan untuk berinteraksi dengan Office ataupun Internet saja untuk mencari informasi.

2. Budget yang dimiliki.

Jangan terlalu banyak berharap mempunyai laptop dengan spek tinggi bila memiliki budget yang sedikit. Budget adalah yang utama, sebaiknya anda memilih jenis laptop dengan budget yang anda miliki. Biasanya ini terjadi pada seorang pelajar ataupun masyarakat kecil, dengan budget yang terbatas pertimbangkan jenis laptop yang akan dipilih.

3. Brand atau Merek.

Sekarang ini banyak sekali brand-brand yang bermunculan dalam dunia terkhnologi, tentunya juga tekhnologi komputer, seperti hal nya Acer ataupun Apple , semuanya memilik kelebihan-kelebihan tersendiri dan juga kekurangannya. 

Pilihkan jenis laptop dari Brand yang anda percayai dan diyakini oleh anda selalu mengeluarkan kualitas laptop yang baik.

Misalkan terdapat berita bahwa Apple adalah merek laptop terbaik saat ini. Lalu carilah informasi-informasi yang real dari mana saja untuk meyakinkan diri anda.

4. Daya tahan Baterai.

Namnya juga komputer jinjing, pasti memiliki sebuah baterai yang digunakan. Baterai merupakan hal yang harus dipertimbangkan juga, karena daya tahan baterai akan mempengaruhi fikiran anda. Contoh nya, anda membeli laptop dengan daya tahan baterai 30 menit saja, lalu anda sedang bermain laptop diluar jangkauan listrik untuk men-charger, ketika laptop anda kehabisan baterai maka anda pun akan kepusingan sendiri. Pasti sangat kesal. Jadi pilihlah laptop dengan daya tahan baterai kuat, jika memang anda tidak mau ambil pusing nantinya.

5. Konektivitas.

Anda suka menggunakan jaringan Hotspot atau Wi-Fi ?
Jika ya anda harus mempertimbangkan juga dalam membeli laptop, pastikan anda membelinya dengan laptop yang memiliki koneksi ini, tapi jangan khawatir, untuk laptop-laptop keluaran sekarang sudah pasti memiliki koneksi ini, ya meskipun mungkin tidak semuanya.

Selain koneksi Wi-Fi, contoh lain adalah koneksi Port-USB. Rata-rata laptop memiliki 3 Port-USB, antara lain Port-USB 3.0 dua buah dan 1 buah Port-USB 2.0.
Pastikan anda memilih jenis Port-USB jangan kurang dari Port-USB 2.0, karena Port-USB 3.0 memiliki daya 10x lebih cepat dibandingkan Port-USB 2.0.

6. Garansi.

Selain kelima hal diatas, Garansi juga hal yang dipentingkan. Setiap merek atau setiap produsen berbeda-beda dalam memberikan Garansi. Ada yang satu tahun,1 tahun setengah, bahkan tiga tahun. Itu tergantung.

Semakin lama waktu garansi nya maka itu semakin baik.

Itulah 6 tips memilih jenis laptop yang mudah-mudahan bermanfaat untuk anda.

44 comments:

  1. Klo diatas Tipsnya klo mau beli silahkan mampir ke tempat saya.
    Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke sip mas.

      Terima kasih telah berkunjung. Dan salam kenal juga !

      Delete
    2. Waduuuuh... detail amat..
      Makasih banyak gan, cayo terus ya buat blognya... :)

      Pusat Service Laptop & Komputer

      Delete
  2. Makasi inponya mass..
    sangat bermamfaat

    ReplyDelete
  3. Jika anda sedang mecari tanah, kunjungi www.jualsewatanah.com

    ReplyDelete
  4. Mantab infonya

    daya tahan batere sangat pengaruh dalam pilihan saya

    ReplyDelete
  5. wifi sepertinya sdh merupakan hal yg wajib ada ya utk laptop

    ReplyDelete
  6. saya lebih memilih spek tinggi daripada brand mahal/terkenal

    ReplyDelete
  7. nice info
    thanx masukkannya dlm memilih laptop

    ReplyDelete
  8. ijin share mas...

    ReplyDelete
  9. tengkyu mas gan
    sangat membantu tipsnya..

    ReplyDelete
  10. thanks infonya :) ya kalau ada budget sekalian aja.. takutnya terlalu lambat laptopny :p

    ReplyDelete
  11. bermanfaat sekali gan tipsnya..thanks..

    ReplyDelete
  12. lain dari pada yang lain..sangat membantu seki tipsnya..tengkiu..

    ReplyDelete
  13. harus diperhatikan secara betul biar gak salah pilih

    ReplyDelete
  14. Terima kasih ya. Akan saya jadikan referensi untuk beli laptop nanti

    ReplyDelete
  15. oke gan sangat bermanfaat infonya

    ReplyDelete
  16. Thanks referensinya

    ReplyDelete
  17. Kalau garannsi seumur hidup ada ga gan laptop merk apa yahhh mohon pencerahanya
    http://www.kotacilegon.com/

    ReplyDelete
  18. info tips membeli laptop bekas yang sangat bagus sekali gan,

    ReplyDelete
  19. Mengingat harga laptop tidak murah, tentu memperimbangkan banyak hal sebelum membeli laptop memang menjadi hal yang wajib dilakukan. Namun kita sadari bahwa masih banyak orang yang belum beigtu mengerti tentang apa-apa saja yang perlu menjadi pertimbangan, sehingga panduan membeli dan memilih laptop seperti ini tentu akan berguna bagi temen-temen sekalian. Terimakasih sudah berbagi.

    ReplyDelete
  20. Thanks for infoo
    Jangan lupa visit www.ihsandonesian.blogspot.com

    ReplyDelete
  21. Tipsnya Sangat Membantu oia gan Intel Generasi ke 4 punya kelebihan apa dibanding ke 3 - Prosesor Ivy Bridge vs Haswell
    http://sewalaptopsby.blogspot.com/

    ReplyDelete
  22. halo gan, mohon bantuannya
    ane mau beli laptop dengan budget maks 7jt
    kalau bisa merk dell atau toshiba
    laptop nya bakal di install software" desain kayak autocad, solidworks, dll

    ReplyDelete
  23. Gan, mau tanya, laptop yang cocok untuk seorang pekerja kantoran apa ya?

    ReplyDelete
  24. kalau untuk gaming aku lebih pilih AMD seri A aja, soalnya murah
    Laptop AMD | honda grace hybrid | Rainbow cake | harga laptop

    ReplyDelete
  25. Tergantung badget memang, kalau saya pribadi untuk kebutuhan kantoran, jadi gak perlu Laptop yang super-super amat ^.^

    ReplyDelete
  26. laptop sebagai komoditi dari pada PC karena besar dan sulit dibawa

    ReplyDelete