Thursday, 28 March 2013

Tips perawatan rem sepeda motor agar tidak bersuara

Anda punya sepeda motor ?


Jawabannya pasti punya, ya ialah,siapa coba jaman sekarang yang belum mempunyai sepeda motor,semua nya pasti punya ko. Bahkan untuk masyarakat kelas bawahpun sekarang pada punya motor,nah darimana mereka punya motor ?
Ya seringkali orang merasa panasan atau iri terhadap yang lebih atas,itu sudah menjadi hal yang biasa dan lumrah. Masyarakat kelas bawah pun menjadi berlomba-lomba untuk mempunyai barang kelas tersier.

Saya punya tips nih buat kalian yang mempunyai sepeda motor,jika motor anda bermasalah seperti ketika di rem bersuara,stop deh service ke bengkel,stop keluarin uang,stop ngandelin orang lain.
Banyak keuntungan buat kita jika kita mau service sendiri,diantaranya kita akan terbiasa mandiri,kita jadi tau bagaimana cara service semacam ini,tidak mengeluarkan uang saku,dan juga tak perlu repot mencari bengkel.

Oke hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membongkar bagian-bagian rem tersebut,lalu keluarkan pirodo atau kampas rem nya,nah setelah itu siapkan ampelas lalu gosok bagian kampas rem tersebut dengan ampelas hingga permukaan nya kasar,dalam hal ini bertujuan agar daya pengereman sepeda motor tersebut lebih baik. Lalu jangan lupa ampelas bagian dalam tromol nya juga,lalu semprot dengan angin tekanan tinggi hingga bersih.

Hal kedua yang harus dilakukan adalah beri sedikit oli pada bagian kampas rem tersebut,sedikit saja. Hal ini bertujuan agar nanti nya ketika di rem tidak berbunyi.
Perhatian : Saat pertama kali digunakan,rem tersebut pasti akan sedikit BLOONG. Karena tadi di beri oli pada bagian kampas,tapi tenang saja, bloong tersebut tidak akan memakan waktu yang lama,mungkin sejam kemudian rem tersebut akan bekerja maksimal dan tidak akan bersuara,daya pengereman nya pun akan lebih baik.

Saya telah membuktikan sendiri,dan itu bermanfaat sekali.
Note : Saya ridak bertanggung jawab apabila terjadi sesuatu yang diluar perkiraan.


2 comments: